Minggu, 10 Agustus 2014

Pariwisata Desa

Bukit jambul merupakan objek wisata alam yang dimiliki Kabupaten Daerah Tingkat II Karangsem yang terletak diatas bukit sehingga udara sekitar tempat itu terasa sejuk dan nyaman. Bukit Jambul menyajikan pemandangan alam, diantaranya perpaduan panorama perbukitan, perswahan, lembah, dan panorama laut. Dari Bukit Jambul para wisatawan dapat menyasikan keindahan panorama alam yang indah, menarik serta memikat.
Dari pinggir jalan yang menanjak dan berliku dapat disaksikat petak – petak sawah yang bertingkat (terasering) dan pohon cengkeh yang tumbuh subur. Di sebelah timur akan tampak terlihat perbukitan yang menjulang tinggi yang berada di wilayah Sidemen dan di sebelah selatan akan tampak persawahan yang berada di wilayah kabupaten Klungkung dan sekitarnya serta di kejauhan terlihat pemandangan laut lepas di selatan kabupaten Klungkung.
Bukit Jambul juga merupakan tempat peristirahatan (stopover) sehingga seringkali disinggahi oleh wisatawan baik mancanegara maupun nusantara yang akan berwisata ke kawasan wisata Pura Besakih ataupun pada saat mereka kembali dari Besakih. Pada umumnya para wisatawan yang singgah di sini untuk makan siang dan minum, sambil beristirahat melepas lelah mereka juga dapat menikmati panorama alam Bukit Jambul yang suasananya tenang dan sejuk. Tidak jarang pula wisatawan yang singgah mengabadikan keidahan panorama Bukit Jambul dengan kamera.
Sejarah
Nama bukit jambul diambil dari bukit yang menjulang tinggi di sebelah selatan jalan. Di atas bukit itu terdapat sebuah pura bernama Pura Puncak Sari. Disekitar pura ditumbuhi pepohonan besar dan lebat, sedangkan dibawah pura terdapat persawahan sehingga puncak bukit lebat ditumbuhi pohon terlihat seperti jambul. Pura yang terdapat dipuncak bukit merupakan Pura ulun Carik yang diemong oleh para petani setempat. Sebelum bernama Bukit Jambul komplek persawahan yang ada diselatan jalan disebut Babad Kelod, sedangkan tegalan dan sawah disebelah utara disebut Babakan Kaja. Oleh karena ditempat itu terdapat bukit yang berbentuk seperti jambul yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan, kemudian tempat itu dikenal dengan nama Bukit Jambul.
Lokasi


 Bukit Jambul berlokasi dii perbatasan antara Kabupaten Karangsem dan Kabupaten klungkung tepatnya di Desa Pesaban dalam wilayah Kecamatan Rendang, Kabupaten Daerah Tingkat II Karangasem. Untuk menuju kawasan Bukit Jambul dari ibukota kabupaten Klungkung, Semarapura berjarak sekitar 12 km dan dari ibukota propinsi Denpasar menempuh jarak lebih kurang 51 km dengan melalui jalan ke arah kawasan wisata Pura Besakih. Untuk mencapai Bukit Jambul ini sangat mudah dengan kendaraan roda empat maupun roda dua karena selain sudah ditunjang dengan sarana jalan yang cukup baik, lokasinya juga berada di pinggir
Fasilitas
Sebagai kawasan wisata, Bukit Jambul dilengkapi dengan areal parkir yang luas dan terdapat sebuah rumah makan (restaurant) yang cukup bagus dan besar serta mampu menampung kapasitas untuk wisatawan yang singgah dalam bentuk grup ataupun rombongan.



0 komentar:

Posting Komentar