Rabu, 13 Agustus 2014

Produk Desa

Sebagai salah satu desa yang terletak di Kecamatan Rendang, Desa Pesaban memiliki beberapa potensi daerah yang dapat dikembangkan, yaitu sebagai berikut:
1.      Peternakan

Hampir sebagian besar masyarakat Desa Pesaban bekerja sebagai petenak,khususnya sebagai peternak sapi dan babi. Potensi ini dapat dilihat di Dusun Pesaban Kawan dan Pengejeroan. Biasanya setiap kepala keluarga di Dusun tersebut memelihara 5-15ekor sapi dan babi. Melalui potensi peternakan ini dapat menambah penghasilan masyarakat yang terdapat di Dusun tersebut. Namun, layaknya peternakan pada umumnya, peternakan yang terdapat di Dusun tersebut menghasilkan limbah yang berupa kotoran hewan ternak. Limbah kotoran hewan tersebut nantinya dapat mengakibatkan polusi udara berupa tercemrnya oleh kotoran ternak tersebut. Oleh karena itu,untuk menanggulangi permasalahan tersebut masyarakat berinisiatif untuk mengolah limbah kotoran ternak yang dihasilkan menjadi biogas yang dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif dan bahan bakar untuk memasak.
2.      Pertanian

Disamping potensi peternakan, di Desa Pesaban juga memiliki potensi di bidang pertanian. Potensi ini terdapat di daerah dusun pesaban kangin dan pesaban kaler. Daerah tersebut merupakan daerah yang dingin, sehingga hasil pertania yang cocok berupa bunga pacar air dan palawija seperti kelapa, jagung dan sayur berupa kangkung dan kedelai.
3.      Industri

Produk pertanian yang dihasilkan di Dusun tersebut akan diolah kembali menjadi sebuah produk industri untuk meningkatkan nilai guna dari hasil pertanian yang dihasilkan. Oleh karenanya masyarakat Desa Pesaban mengolah beberapa hasil peranian tersebut melalui beberapa industri, yang diantaranya sebagai berikut:
a      Industri Minyak Tandusan.


Desa pesaban memiliki berbagai sumber daya alam yang banyak, salah satunya yaitu hasil perkebunan berupa buah kelapa. Buah kelapa ini diolah oleh masyarakat menjadi minyak yang sering disebut Lengis tandusanLengis tandusan memiliki bermacam manfaat seperti penyedap makanan dan obat tradisional. Selain digunakan untuk keperluan pribadi, minyak tersebut dipasarkan untuk menambah penghasilan sehari-hari. Lengis tandusan yang dihasilkan di desa ini terkenal dengan rasanya yang enak dan aromanya yang sedap, karena dibuat secara manual dan tanpa tambahan bahan pengawet.
b      Indusri Pembuatan Tahu.


   Disamping industri minyak tandusan, di Desa ini juga terdapat industri pembuatan tahu. Pembuatan produk tahu ini bisa di temukan Dusun Pesaban Kaler. Usaha Pembuatan Tahu ini masih bersifat usaha kecil-kecilan yang proses produksinya masih menggunakan alat-alat sederhana. Produk tahu yang dihasilkan dipasarkan di seputaran Kecamatan Rendang dan Kabupaten Klungkung.
c      Industri Kerajinan Ingka
         

   Hasil perkebunan berupa buah kelapa menghasikan limbah berupa ranting kelapa yang kering yang sering disebut sebagai danyuh. Lidi dari danyuh tersebu dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai kerajinan tangan berupa ingka yang dapat digunakan sebagai wadah banten atau haturan upacara agama bagi umat hindu dan tempat nasi pengganti piring yang biasanya digunakan di rumah makan ataupun restoran. Pemasaran produk industri ini sudah mencapai pasar internasional. Ingka ini biasanya dipasarkan seluruh pulau Bali, beberapa daeah di Sumatra dan Sulawesi, serta beberapa daerah di Amerika Serikat.

0 komentar:

Posting Komentar